Sosialisasi Buka Kelas Industri Telkom

Kelas industri merupakan sebuah program pengadaan kelas khusus dilingkungan sekolah, dimana kelas ini kelola bersama antara pihak SMK Negeri 6 Kota Tangerang Selatan dan pihak industri dalam hal ini adalah PT. Telkom Indonesia. Khusus Kelas Industri Telkom, yang nantinya menjadi bagian dari Jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ).

Kesepahaman antara Kemendikbud dengan Telkom Indonesia merupakan bagian dari revitalisasi SMK. Bentuk revitalisasi tersebut dilakukan dengan sinkronisasi kurikulum antara SMK dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri. “Ini sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 9 tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK, salah satunya adalah sinkronisasi pengembangan kurikulum yang sesuai kompetensi keahlian antara SMK dengan dunia usaha dan dunia industri,” ujar Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (Dit. SMK) Kemendikbud, M. Bakrun di Jakarta. Penyelarasan kurikulum merupakan upaya untuk menyiapkan para siswa agar sesuai dengan kebutuhan dunia industri.

Khusus Kelas Industri berupa pengembangan Laboratorium Fiber Optik. Laboratorium ini merupakan layanan untuk memberikan pemahaman tentang teknologi serat optik tidak sekedar belajar teori namun juga langsung praktek dan tentu  sangat membantu sekali dalam memahami tentang konsep Jaringan Fiber Optic bagi siswa SMK dengan kompetensi keahlian Teknik Komputer Jaringan. Lingkup kerja sama tersebut meliputi layanan training dan sertifikasi teknologi fiber optic, layanan laboratorium fiber optic, dan layanan kurikulum industri.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *